May 16, 2008

Orang Kristen DuniawI?

Bill Bright, pendiri Campus Crusade International ministry di Amerika, mempopulerkan ajaran yang ia kutip dari Scofield Bible bahwa manusia dapat dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu 1 jenis orang yang belum Kristen dan 2 jenis orang yang sudah Kristen (yang rohani dan yang masih hidup dalam kedanginan - carnal). Teori diatas muncul dalam pamflet berjudul Have You Made the Wonderful Discovery of the Spirit-filled Life? karangan Dr. Bill Bright yang disebarkan secara luas di kampus-kampus di Amerika (dan diterjemahkan di negara-negara lain) oleh Campus Crusade sejak tahun 1990-an, sebagaimana tampilan berikut:


Pembagian ini didasari atas pemahaman yang salah kaprah terhadap teks dalam 1 Kor 2:14-3:3 dimana rasul Paulus memakai 3 frase yang berbeda: Manusia duniawi (natural man, 1 Cor 2:14); Manusia rohani (spiritual man, 1 Cor 2:15); Manusia rohani yg hidup dalam daging (carnal man, 1 Cor 3:1-3). Ada dua hal yang perlu diperhatikan dalam menafsirkan bagian ini:

1. Konsekuensi dari pembagian orang Kristen menjadi manusia rohani dan manusia rohani yang masih hidup secara duniawi, dalam hawa nafsu kedagingannya sangat fatal. Karena saya lalu bisa berkata, "Ah... ga apa-apa masih punya kebiasaan dosa tertentu. Saya ini khan golongan orang Kristen carnal, khan rasul Paulus saja memaklumi bahwa ada golongan semacam itu dalam jemaat!" Dengan demikian, iman kita tidak lebih dari asuransi kebakaran agar terlindung dari api neraka, sementara tabiat dosa kita terus berjalan tanpa terusik sedikitpun.

2. Kalau begitu, apa yang dimaksud Paulus di ayat 3:1 dengan carnal (KJV), people of the flesh (ESV), men of flesh (NASB), wordly (NIV)? Saat Paulus memakai karakteristik tersebut bagi jemaat Korintus yang sebagian besar memang hidup brengsek dan sembarangan, ia tidak mengusulkan bahwa mereka berperilaku seperti orang Kristen kelas dua, yang kurang rohani tetapi tetap adalah orang Kristen. Dia sedang berkata bahwa mereka tidak berperilaku sama sekali seperti orang Kristen.

Orang-orang yang masih terus bersuka hidup dalam kedagingan, hawa nafsu dunia adalah orang-orang yang TIDAK BISA disebut sebagai orang Kristen, sebagaimana ayat-ayat berikut menunjukkan:
Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya (Galatia 5:24).

Jikalau orang mengasihi dunia, maka kasih akan Bapa tidak ada di dalam orang itu. Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia.Dan dunia ini sedang lenyap dengan keinginannya, tetapi orang yang melakukan kehendak Allah tetap hidup selama-lamanya (1 Yoh 2:15-17).

Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga (Matius 7:21).

Iman yang menyelamatkan selalu menghasilkan hidup yang berubah. Kita tidak menerima Yesus hanya sebagai Juruselamat saja (asuransi api neraka) tetapi tidak mengakuinya dan mentaatinya sebagai Tuhan (tuan, pemilik). Itu sebabnya meski pembenaran oleh Allah (justification) dan pengudusan oleh Allah (sanctification dapat dipisahkan, keduanya tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan orang percaya. J.C. Ryle dalam bukunya Holiness menggarisbawahi hal ini:
"The Word of God always speaks of two great divisions of mankind, and two only. It speaks of the living and the dead in sin - the believer and the unbeliever - the converted and the unconverted - the travellers in the narrow way and the travellers in the broad - the wise and the foolish - the children of God and the children of the devil. Within each of these two great classes there are, doubtless, various measures of sin and of grace; but it is only the difference between the higher and lower end of an inclined plane. Between these two great classes there is an enormous gulf; they are as distinct as life and death, light and darkness, heaven and hell. But of a division into three classes the Word of God says nothing at all." [J.C Ryle Holiness, xv]