Mar 10, 2008

Gerakan Emerging dan Emergence Church

Salah satu perdebatan yang sedang menghangat saat ini adalah seputar Emerging Church Movement. Gerakan yang lahir sebagai respon gereja terhadap pengaruh posmodernisme ini ternyata tidak unison, tapi muncul dalam spektrum yang cukup luas. Gerakan ini dipersepsi akan semakin mewarnai, membentuk, dan mengubah wajah Kekristenan di abad 21, khususnya di Amerika (yang lalu akan dieksport ke berbagai negara lain).

Apa itu Emerging church? Apa bedanya dengan Emergence? Apa yang mereka ajarkan, dan apakah berbeda dengan confession of faith seperti Westminster Catechism? Dan apakah gerakan ini diwakili oleh Brian McLaren saja, bgmana dengan Scot McKnight atau Mark Driscoll? Meski sekarang sudah ada Wikipedia entry tentang topik ini, berikut beberapa resources reliable di web yang saya temukan lebih informatif dan edukatif untuk membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas:

C Michael Patton membuat mapping gerakan Emerging dan berbagai filosofi mereka. Menurut Patton ada 4 kategori yg muncul: Fundamentalist, Evangelical, Emerging, dan Emergent.

Scot Mcknight menulis sebuah artikel di Christianity Today, juga mencoba memetakan gerakan ini. McKnight melihat ada 5 golongan terkait dgn posisi teologia mereka thd gerakan ini: Propheticl, Postmodern, Praxis-oriented, Post-evangelical, dan Political.

Interview Religion & Ethics NewsWeekly dengan D.A. Carson tentang Emerging Church movement terkait dengan peluncuran bukunya.

Albert Mohler menulis review terhadap buku evangelical scholar D.A. Carson tentang Emerging Church berjudul:Becoming Conversant with the Emerging Church.

No comments: